Pengen Dapet Ilmu Baru? Ini 7 Cara Unik Belajar Tanpa Harus Kuliah Lagi




Masa-masa sekolah dan kuliah memang bikin kangen. Enggak cuma kangen dengan sahabat-sahabat atau momen asyik lainnya, melainkan kau juga pasti rindu belajar dan mendapatkan ilmu baru. Bisa kembali duduk di kelas mungkin menyenangkan, tetapi enggak segala dari kita dapat kembali ke tempat duduk kuliah karena alasan tertentu. Tapi enggak melanjutkan kuliah ke tingkatan selanjutnya bukan berarti kau enggak bisa terus menimba ilmu, loh. Ilmu ada di mana-mana dan kau bisa mendapatkannya dengan gampang di era komputerisasi ini. Berikut sistem-metode unik untuk belajar tanpa patut kuliah lagi yang bisa kau terapkan!

7 Sistem Unik Untuk Belajar Tanpa Mesti Kuliah

#1. Memperdengarkan podcast
Untuk kau cewek yang sibuk bekerja, mungkin enggak ada waktu untuk membaca atau menonton di jeda-sela kesibukanmu. Kau dapat mengatasi situasi sulit itu dengan memperdengarkan podcast. Simpan episode podcast yang menurutmu asyik, bermanfaat, dan bisa menambah ilmumu, lalu kau dapat mendengarkannya saat berada di kendaraan biasa menuju kantor atau di saat jam makan siang.

#2. Update informasi dan tren terkini
Ini mungkin terdengar remeh, namun enggak ada yang lebih bikin kamu menonjol trampil dan knowledgeable selain up-to-date dengan kabar dan tren terbaru yang terjadi di negaramu atau secara global. Luangkan waktumu ketika bermain telpon seluler untuk membuka portal berita dan baca informasi setiap pagi untuk mengetahui apa yang sedang terjadi di sekitarmu.

#3. Ikut seminar atau pelatihan
Kamu ingin menambah skill sampingan? Boleh banget! Atau kamu berkeinginan memacu passion kamu di luar pekerjaan kantoranmu? Bisa! Sekarang sudah banyak sekali pelatihan atau seminar yang bisa kau ikuti cocok dengan minatmu. Dijamin kamu akan membawa pulang segudang ilmu dari ahlinya!

#4. Menonton Ted Talk di Youtube
Youtube mempunyai banyak konten menarik yang bisa bikin kamu nyaman duduk di sofa seharian sambil melihat ke layar ponselmu. Sebaiknya gunakan waktumu ketika membuka Youtube untuk menonton video Ted Talk yang sarat akan ilmu pengetahuan. Kamu akan dapat banyak pembelajaran segera dari ponselmu, tanpa patut beranjak dari sofamu yang nyaman.

#5. Membaca buku
Enggak ada salahnya menyisihkan sedikit dari gajimu untuk membeli buku. Setidaknya satu buku dalam sebulan, cobalah membaca buku “serius”, seperti biografi, sejarah, ensiklopedia, dan buku lainnya yang dapat menambah ilmumu.

#6. Serta kelompok sosial
Ilmu yang paling fresh merupakan ilmu yang kita dapat secara seketika dari sumbernya. Coba deh, ikutan dengan kelompok sosial lokal. Enggak cuma kau bisa memperluas pergaulanmu dengan berjumpa orang baru, tapi kau juga dapat belajar atau mendengar langsung dari orang-orang kelompok sosial tersebut.

#7. Kursus online
Kalau kau yakin punya banyak waktu untuk kembali belajar tanpa wajib kuliah, membuat inti sari, atau mengerjakan tugas lagi seperti masa kuliah, melainkan enggak berharap duduk di kelas, kau dapat mengambil kursus online. Sudah tersedia banyak banget loh, kursus online yang cuma-cuma atau berbayar. Pastinya memudahkan kamu yang mau mendapatkan sertifikat akademis sah tanpa seharusnya kembali kuliah.

Baca Artikel Terkait Tentang leerebookes.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *